Cita-cita Tinggi Adalah Separuh Rahasia Sukses

Cita-Cita bak navigator yang akan menentukan ke arah mana kita berjalan, seseorang yang tak memiliki himmah dalam hidupnya hanya akan berputar-putar tanpa tau ke arah mana dia harus melangkah.


Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sering mendengar orang mengatakan: “Ojo duwur-duwur yen ceblok loro” yang artinya jangan terlalu tinggi dalam bercita-cita kalau gagal pasti sakit. Terdengar seperti petuah yang cukup rasional. Namun benarkah demikian?

Sebenarnya, ini merupakan kata-kata yang hanya keluar dari orang pesimis yang takut gagal, tak mau berusaha dan tidak berani untuk menantang dirinya sendiri sehingga yang ia dapat justru kegagalan sebelum sempat untuk berusaha, ungkapan diatas bisa jadi merupakan rasa dengki yang diucapkan untuk mempengaruhi keyakinan pemilik cita-cita yang setinggi langit, setan akan selalu berusaha merayu dan membujuk para pemilik himmah ‘aliyah agar berhenti bermimpi sehingga mereka jatuh dalam kegagalan.

Himmah ‘aliyah (cita-cita tinggi) justru memiliki peran yang sangat penting untuk menggapai kesuksesan, karena himmah merupakan tujuan dan mimpi yang ingin diwujudkan oleh pemiliknya. Berbekal himmah seseorang akan mengerahkan kemampuan maksimalnya agar yang ia impikan menjadi nyata.

Kesuksesan bukanlah hal yang bisa diraih secara kebetulan, sekecil apapun kesuksesan yang didapat pasti didahului oleh keinginan, harapan dan sebuah himmah yang mengokohkannya. Para kyai pengasuh pondok pesantren selalu mengingatkan santrinya agar memiliki himmah ‘aliyah mereka selalu berkata:

كن رجلا رِجله في الثرى وهامة همته في الثريا

“Jadilah laki-laki yang kakinya berada di bumi namun namun himmah-nya menggapai Kejora”

Berikut ini adalah alasan kenapa memiliki cita-cita yang tinggi sangat penting:

1. Cita-cita adalah sebuah harapan

Manusia tak akan mampu bertahan hidup lebih dari satu menit tanpa sebuah harapan. Dia akan berpikir untuk mengakhiri hidupnya saat yakin bahwa dalam kehidupanya sudah tidak ada harapan lagi. Dengan himmah, kita akan memiliki sebuah harapan yang akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita di masa depan.

2. Membantu kita menemukan tujuan

Orang yang tidak memiliki cita-cita, hanya akan berputar-putar tak tau kemana ia harus melangkah. Mengetahui tujuan sangatlah penting karena setiap arah yang berbeda akan memiliki hasil akhir yang berbeda pula oleh sebab itu kita harus tau tujuan kita sehingga tak salah arah. Dengan cita-cita kita bisa melangkah dan bertindak sesuai dengan apa yang kita impikan, apakah langkah dan tindakan kita sudah sesuai dengan impian kita ?

3. Membuat Kita Semangat

Setiap mimpi yang ingin kita wujudkan pasti memiliki nilai yang sangat. Nah, setiap orang akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih sesuatu yang amat bernilai baginya. Oleh sebab itu, dengan memiliki cita-cita, orang jug akan memiliki semanga yang hebat. Dalam hal apa pun, cita-cita akan selalu memberikan semangat yang tinggi kepada pemiliknya. Hal ini yang menyebabkan orang yang memiliki cita-cita pasti juga memiliki semangat untuk mewujudkanya.

4. Menyebabkan kita fokus

Dengan cita-cita kita akan fokus pada apa yang harus kita lakukan untuk meraihnya. Setiap orang yang sudah tau apa yang difokuskan maka ia bisa menguatamakan serta konsisten untuk melakukanya. Tak hanya itu cita-cita juga bisa membantu kita untuk menyeleksi mana hal yang perlu dibuang dan mana hal yang perlu dipertahankan.

Oleh karena itu milikilah cita-cita yang tinggi dan jangan pernah takut terjatuh, walaupun seandainya kamu jatuh nanti kamu tidak akan pernah menyesal karna sudah berusaha dan akan selalu ada penolong yang menuntunmu pada jalan yang lebih baik, dialah Allah SWT. Wallahu a’lam Bisshowab. (Jbl)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.